MELEWATI GENANGAN AIR DENGAN BMW

Bimmers, intensitas hujan yang tinggi berpotensi mengakibatkan beberapa area banjir yang mungkin bimmers harus lewati. BMKG memprediksi puncak musim hujan akan ada di bulan Februari-Maret 2020. BMW dengan sistem kelistrikan yang kompleks dan teknologi tinggi, sebaiknya bimmers menghindari area banjir, namun jika tak punya pilihan lain dan harus melewatinya, berikut beberapa tipsnya:

1. Kenali Mobil dan Perhatikan Ketinggian Banjir.

Sebagai kendaraan yang dibuat dengan tujuan high performance air intake BMW berada dibelakang grille sehingga batas genangan air yang bisa dilewati adalah dibawah Kidney Grille. Jika air melewati grille, dikhawatirkan air akan masuk ke dalam mesin melalui lubang air intake dan menyebabkan water hammer yang bisa menyebabkan kerusakan mesin yang parah. Batas ini berlaku untuk semua jenis BMW, baik Seri sedan maupun seri X.

2. Bergerak Perlahan.

Sebagai mobil high performance yang dilengkapi dengan twin turbo, isapan udara yang masuk ke mesin akan lebih kuat, maka sebaiknya gunakan RPM serendah mungkin, biarkan RPM dalam posisi langsam dan biarkan mobil bergerak perlahan. Menggunakan RPM tinggi akan membuat isapan udara (juga air) yang masuk ke mesin akan semakin kuat.

3. Perhatikan Putaran Mesin.

Jika ternyata ketinggian air melebihi perkiraan dan merasakan putaran mesin agak pincang atau bahkan mogok, tidak dianjurkan untuk menyalakannya kembali, karena kemungkinan air sudah masuk ke ruang bakar dan berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Segera matikan mesin dan hubungi BMW Road Assistance (BMW Bestindo 021 7486 8000).

4. Gelombang Air.

Melaju dengan perlahan juga untuk menhindari terjadinya gelombang air di depan kidney grille. Dan perhatikan juga dengan kendaraan dari arah berlawanan, karena gelombang yang terbentuk akan cukup besar dan hal tersebut akan mengagalkan usaha anda untuk menghindari air masuk ke mesin.

5. Cek Rem.

Jika Bimmers sudah berhasil melewati banjir, Selamat! Hal yang harus bimmers lakukan selanjutnya adalah memeriksa kinerja rem sesuai dengan fungsinya. Berkendara perlahan lalu injak pedal rem beberapa kali untuk mengetahui apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Hal ini akan membantu Bimmers mencapai tempat tujuan dengan selamat.

6. Periksa Ke Bengkel Resmi.

Banjir bisa saja menyebabkan perubahan kondisi mobil, baik fluida (oli mesin, oli transmisi, minyak rem dll) ataupun kelistrikan (sensor dll). Hal tersebut untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih jauh. Booking Service di BMW Bestindo melalui website ataupun whatsapp ke nomor 0812 9162 3235.